6 makanan sehat bagi kesehatan gigi dan gusi
Makanan yang lezat dan sehat tentu sangat diinginkan hampir semua orang karena dapat menjaga dan menyehatkan tubuh, tetapi dalam kenyataannya, tidak semua makanan punya sisi kebaikan yang lebih banyak dari efek sampingnya untuk tubuh, dan berikut ini adalah beberapa makanan yang nikmat dan dapat membantu dalam menjaga kesehatan gigi dan gusi :

1. .Teh Hijau
Dalam teh hijau terkandung senyawa kompleks yang disebut “catechin” yang dapat melawan peradangan dan mengendalikan infeksi bakteri. Sebuah penelitian di Jepang menemukan bahwa pria yang minum teh hijau secara teratur lebih sedikit terkena penyakit periodontal, dibandingkan mereka yang tidak meminum teh hijau. Tapi penelitian di Jepang yang lain menunjukkan bahwa laki-laki dan perempuan yang minum satu atau lebih cangkir teh per harinya berkorelasi dengan kehilangan giginya di kemudian hari. Antimikroba “catechin” sebenarnya memiliki manfaat untuk kesehatan mulut yang berhubungan dengan teh hijau, tetapi seperti masih diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai hal ini. Namun yang harus kamu tahu mengkonsumsi teh hijau memang baik untuk kesehatan mulut Anda.

2. Apel dan Seledri
Sering disebut sebagai “deterjen gigi” buah dan sayuran kaya air ini bertindak dengan merangsang produksi air liur, yang berperan dalam menjaga bakteri dalam mulut. Makanan tinggi serat ini juga memiliki efek menggosok atau membersihkan permukaan gigi Anda dan menyikat bakteri-bakteri. Mengunyah makanan ini juga akan mengusir plak gigi dan mencegahnya timbul kembali

3. Stroberi dan Kiwi
Vitamin C sangat penting bagi kesehatan secara menyeluruh dari jaringan gusi, karena vitamin C membantu mencegah terhambatnya kolagen. Tanpa kolagen, gusi menjadi ekstra lembut, dan dengan demikian rentan terhadap penyakit periodontal. Kiwi dan stroberi memiliki konsentrasi tertinggi dari vitamin C, tetapi buah jeruk juga cukup baik untuk digunakan. Buah-buahan ini juga melakukan tugas ganda karena astringency yang dikandungnya, yang dapat membantu untuk membalikkan perubahan warna gigi yang sering disebabkan oleh minuman yang biasa dikonsumsi seperti kopi dan anggur.

4. Kacang-kacangan dan Biji-bijian
Kacang-kacangan dan biji-bijian adalah sumber protein nabati, dan mereka dikemas dengan mikronutrien kuat untuk gigi yang sehat seperti fosfor, magnesium, kalium, seng, dan yang paling penting, kalsium! Kalsium tentu saja sangat penting untuk pertumbuhan tulang dan gigi yang kuat, kalsium benar-benar berkontribusi terhadap remineralisasi gigi. Kacang tertinggi dalam kalsium almond dan kacang brazil. Satu lagi, Biji wijen juga sangat tinggi kalsium.

5. Bawang
Bawang, terutama bila dimakan mentah, sangat efektif sebagai penghilang bakteri karena mengandung sulfur antimikroba. Penelitian terbaru dari Universitas Korea telah mengkonfirmasi bahwa bawang mentah sebenarnya dapat sepenuhnya memberantas empat strain bakteri penyebab gigi berlubang dan penyakit periodontal. Irisan bawang mentah dapat dimakan pada sandwich atau salad. Namun, jika Anda tidak biasa mengkonsumsinya dalam kondisi mentah Anda bisa mengkonsumsinya setelah dimasak.

6. Jamur Shiitake
Shiitakes mengandung lentinan, gula alami yang dapat membantu mencegah radang gusi. Gingivitis adalah peradangan gusi, ditandai dengan kemerahan, bengkak, bahkan pendarahan, hal ini sering disebabkan oleh penumpukan biofilm bakteri. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa senyawa antibakteri seperti lentinan secara spesifik menargetkan mikroba biofilm dan membunuh bakteri penyebab gigi berlubang.

Nah, itu tadi beberapa makanan lezat dan sehat yang bagus untuk dikonsumsi semua usia, yang bermanfaat bagi kesehatan gigi dan gusi. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda
Terima kasih..
Next
Newer Post
Previous
This is the last post.

1 komentar:

> Berkomentarlah dengan sopan
> Komentar dengan link hidup tidak akan ditayangkan

 
Informasi Kesehatan | Blog Kesehatan © 2015. All Rights Reserved. Powered by Blogger - About | Disclaimer | Privacy Policy | Contact
Top