Blog Kesehatan | Cokelat, yah siapa yang tak kenal makanan yang satu ini, makanan yang dikenal lezat dan sangat menggoda untuk dinikmati ini adalah favorit banyak orang khususnya anak – anak dan para remaja. Tak henya lezat, ternyata cokelat juga sangat memiliki kandungan nutrisi yang cukup baik bagi kesehatan tubuh. Cokelat murni ataupun biji kakao memiliki sejumlah nutrisi yang dapat berguna bagi kesehatan tubuh, antara lain sangat kaya antioksidan dan flavonoid yang mampu menurunkan tekanan darah yang tinggi menjadi normal, dan juga bisa membantu mengurangi pembekuan darah. Dengan demikian biji kakao ataupun cokelat murni dapat menurunkan resiko serangan jantung dan stroke.

Kandungan Nutrisi Cokelat
Kandungan Nutrisi Cokelat
Menurut para ilmuwan dari Italia, mengemil 20 gram dark chocolate setiap 3 hari sekali membawa kebaikan untuk sistem kardiovaskuler. Namun jika makan terlalu berlebihan, tidak akan berpengaruh lebih baik. Dosis terbaik memang hanya secuil cokelat dengan berat 20 gram per 3 hari sekali.

Kandungan Nutrisi Cokelat
Kandungan Nutrisi Cokelat
Berikut ini kandungan nutrisi yang terdapat pada cokelat  / kakao :

Gula . Biji kakao mengandung cukup banyak karbohidrat, tapi umumnya pati, serat tak larut dan larut, juga sangat sedikit gula sederhana. Biasanya gula ditambahkan ke dalam cokelat saat proses produksi di pabrik.

Lemak . biji kakao mengandung sekitar 50% lemak. Lemak kakao terdiri dari dua jenis asam lemak jenuh (palmitic acid dan stearic acid) dan satu asam lemak tak jenuh tunggal (oleic acid).

Vitamin . Biji kakao memiliki kandungan vitamin yang cukup, yaitu vitamin A, B1, B2, B3, C, E dan asam pantotenat.

Kafein . Biji kakao mengandung kafein dalam jumlah yang sangat rendah, jauh dibawah kafein yang ada pada kopi dan teh.

Antioksidan . Kakao mengandung polifenol seperti yang ada pada minuman anggur. Antioksidan bermanfaat untuk mnejaga kesehatan tubuh.

Mineral esensial . Kakao mengandung banyak mineral, termasuk magnesium, kalsium, zat besi, tembaga, potasoum, dan mangan.

Kalori . Cokelat, khususnya dark chocolate memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi karena memiliki kadar tinggi gula dan lemak.

Feniletilamin . Zat ini merupakan antidepresan yang ringan dan stimulan dengan kekuatan hampir sama dengan dopamin dan adrenalin yang diproduksi oleh tubuh.

Nah, itu tadi adalah beberapa kandungan yang dimiliki oleh cokelat, selain lezat ternyata juga nutrisinya cukup baik bagi kesehatan tubuh.

Semoga artikel ini dapat menjadi wawasan baru anda, terimakasih.

1 komentar:

  1. artikel yang menarik gan
    kunjungan balik ya gan jurnalkesehatanku.blogspot.com

    ReplyDelete

> Berkomentarlah dengan sopan
> Komentar dengan link hidup tidak akan ditayangkan

 
Informasi Kesehatan | Blog Kesehatan © 2015. All Rights Reserved. Powered by Blogger - About | Disclaimer | Privacy Policy | Contact
Top