TIPS MENCEGAH DAN MENGATASI KRAM

Informasi Kesehatan | Kram otot, yah hal ini terjadi beberapa kali saat saya bermain futsal dengan teman-teman, ini terjadi saat setiap saya bermain futsal tanpa pemanasan dan langsung berlari-lari.
Kram otot terjadi akibat tubuh kehilangan garam dan cairan karena banyaknya keringat yang keluar. Kram biasanya dapat disembuhkan dengan meregangkan dan memijat otot yang terserang. Kram adalah kejang pada otot yang menimbulkan rasa sakit dan nyeri. Kejang ototsering terjadi ketika kita sedang tidur, tetapi juga bisa karena aktifitas fisik yang berat dan tidak melakukan pemanasanterlebih dahulu sebelummelakukan aktifitas olahraga dan apabila kram didiamkan dapat menjadi cedera yang fatal.
Penyebab Kram Otot dan Mengatasinya
Penyebab Kram Otot dan Cara Mengatasinya

CARA PERTOLONGAN / PENANGANAN PERTAMA PADA SAAT KRAM

1.Kram pada kaki

Korban dibantu berdiri dan berat badannya ditahan dengan kaki bagian depan. Setelah ejang pertama berlalu, pijat kakinya.

2.Kram pada betis

Lutut korban diluruskan, kaki ditekan dengan kuat dan mantap ke atas mengarah ke tulang kering. Pijat ototnya dengan cara menekan untuk memberikan efek tenang pada otot.

3.Kram pada paha

Untuk kram pada paha bagian belakang, lutut korban diluruskan lalu angkat kakinya. Untuk kejang pada paha bagian depan, lutut ditekuk. Pada kedua paha, pijat ototnya kuat-kuat.


Cara yang sering kita lihat dalam pertandingan adalah medis menyemprotkan spray ke pemain yang terkapar karena kram atau cedera. semprotan itu bernama chlor ethyl. Dimana spray berguna untuk menghilangkan rasa nyeri/sakit yang bersifat lokal.


Cara paling mudah untuk mengatasi kram adalah dengan mengoleskan pada bagian yang kram salep khusus pereda nyeri otot. Hal ini cukup membawa perubahan signifikan untuk meredakan nyeri akibat kram. Dengan obat- obatan pemanas [salep, balsem, atau koyo] berguna untuk melebarkan pembuluh darah sehingga aliran darah tidak terganggu karena kekuatan/ kekejangan otot pada terjadi kram.

CARA MENCEGAH TERJADINYA KRAM

1. Mandi atau rendamlah bagian yang terexplorasi ketika melakukan aktifitas dengan air hangat. Bagus dilakukan setelah beraktivitas seharian, setiap kali sebelum tidur untuk mengendurkan seluruh otot yang tegang.

2. Lakukan perenggangan / pendinginan sebelum tidur, namun hindari penegangan / meluruskan ujung jari kaki saat peregangan maupun tidur dan usahakan agar kaki- kaki anda tetap hangat selama tidur.

3. Hindari melakukan olahraga atau aktivitas berat secara tiba-tiba karena dapat menyebabkan otot menjadi kaget (kram). Oleh karena itu, lakukan pemanasan secara benar sebelum berolahraga atau melakukan aktivitas fisik lainnya dan lakukan pendinginan setelah selesai. Hal tersebut akan memberikan kesempatan bagi otot untuk menyesuaikan diri sehingga tidak menimbulkan kram. Akan lebih baik jika pemanasan ini dilakukan setiap pagi setelah bangun tidur, dengan melakukan senam kecil.

4. Minum setidaknya enam gelas penuh setiap hari, termasuk satu gelas sebelum tidur. Juga perbanyak minum sebelum, selama dan setelah berolah raga.

5. Konsumsi makanan yang kaya kalsium, potasium dan magnesium. Makan satu atau dua buah pisang sehari sudah cukup memenuhi kebutuhan potasium Anda.

6. Konsumsilah Multivitamin B serta Vitamin E, Karena otot memerlukan vitamin-vitamin esensial ini untuk memperbaiki dan membangun kembali sel-selnya serta membantu mencegah kram. Dr. Deed mengatakan, vitamin B terbukti dapat membantu fungsi syaraf dan mengontrol rasa nyeri yang disalurkan oleh saraf.

7. Tak ada salahnya melakukan peregangan setelah melakukan satu kegiatan terus menerus dalam beberapa lama. Misalnya setelah duduk terus menerus di depan computer selama 2 jam, berada di dalam pesawat atau kendaraan yang memakan waktu lama atau berjalan kaki jarak jauh.

Semoga tips tips diatas bisa bermanfaat bagi anda dan orang - orang disekitar anda, terima kasih


new post : Agroteknologi.web.id Sumber Informasi Pertanian Indonesia

11 komentar:

  1. wah ternyata kram terjadi karena itu

    ReplyDelete
  2. Nice Info Gan
    Salam Blogger

    Kunjungi Juga Blog Ane
    Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami
    http://habuzerijellygamatgold-g.blogspot.com/2014/12/cara-menurunkan-tekanan-darah-tinggi-secara-alami.html

    ReplyDelete
  3. Kunjungan Silaturahmi
    Salam Sehat Gan

    Kunjungi Juga Artikel Saya
    Obat Herbal Kanker Serviks
    http://obatjellygamatgoldg.net/obat-herbal-kanker-serviks/

    ReplyDelete
  4. Nice Artikel Gan (y)
    Kunjungi Juga Blog Ane

    Obat Herbal Demam Berdarah Paling Ampuh
    http://habuzerijellygamatgold-g.blogspot.com/2014/12/obat-herbal-demam-berdarah-paling-ampuh.html

    ReplyDelete
  5. jelas informasinya. yang jelas dengan melakukan pemanasan/peregangan sebelum olahraga atau melakukan aktivitas dapat mencegah cidera otot, termasuk kram.

    ReplyDelete
  6. owh jadi itu penyebab otot sya sering keram, terimakasih gan info nya...
    Tips Kesehatan dan Kecantikan

    ReplyDelete
  7. sip, makasi banget nih, dari tadi soalnya saya cari baru dapat nih artikelnya..makasi ya

    ReplyDelete
  8. aku kira kejang otot kayak kedutan ternyata kram materinya

    ReplyDelete
  9. oh jadi gituuu cara menyembuhkan kram pada bagian betis.

    ReplyDelete
  10. makasih solusinya, dengan artikel ini bisa membantu masalah saya

    ReplyDelete

> Berkomentarlah dengan sopan
> Komentar dengan link hidup tidak akan ditayangkan

 
Informasi Kesehatan | Blog Kesehatan © 2015. All Rights Reserved. Powered by Blogger - About | Disclaimer | Privacy Policy | Contact
Top